Aug 5, 2016

Penyesalan kerja di Tokopedia



 

Hai Guys. How was your day? Hmm.. Biar kita tebak, pasti kalian yang lagi baca blog ini lagi kepo ya tentang Tokopedia? Atau dalam waktu dekat ini mau interview di Tokopedia? Wihhh pas banget nih kalian mampir di sini. Kita mau kasih sedikit “bumbu” di hidup kalian. hehe
Sedikit cerita aja nih guys. Tokopedia didirikan oleh Bapak William Tanuwijaya pada tahun 2009 dan tokopedia.com secara resmi baru diluncurkan ke publik tanggal 17 Agustus 2009. Pas banget kan sama Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Spesial banget looohh.
Eiits. Tapi kalian pasti mikir kenapa kita kasih judulnya MENYESAL. Apa kerja di Tokopedia gak enak? Senioritas tinggi? Anak baru dibuat berdebar-debar? Budaya kerjanya yang gimana gitu?Hehe Kalo terbesit pemikiran seperti itu, berarti kalian harus terus membaca tulisan ini sampe selesai Wajib hukumnya!.
Di sini, kita mau kasih kalian sudut pandang yang berbeda dari kata MENYESAL yang biasanya kalian tau ya.
  1. Kalian akan menyesal jika tidak join di Tokopedia.
Menyesal di sini bukan yang bikin sedih ya. Oh iya, udah ada yang pernah main ke kantornya Tokopedia yang terletak di Wisma 77 Slipi? FYI guys, kantornya Tokopedia itu unik dan unyu bangeeet. Ruang kerjanya didominasi warna hijau yang pastinya dapat memanjakan setiap orang yang datang dan membuat kalian merasa seperti di padang rumput yang teduh hehe.


Kalo untuk suasana kerjanya, asiiiiiiikkkk banget loh. Kita di sini merasa seperti saudara sendiri. Saling peduli terhadap satu sama lain. Kalo misalnya ada apa-apa bisa langsung diomongin kepada tim dan langsung dicari solusi dari permasalahan tersebut. Gak ada tuh yang namanya si A merasa lebih tinggi dan harus dihormati layaknya orang yang gila hormat. Atau si A gak mau temenan dengan si B karena berasal dari divisi lain. Di sini kita sama-sama belajar dan saling berbagi. Dan antar divisi tuh saling berkaitan jadi gak ada yang ngerasa divisi ini lebih penting daripada divisi itu.


  1. Nyesel banget deh soalnya Tokopedia jauh lebih perhatian dari pada pacar kita. Loh?
Jika kalian sudah lulus dari semua tahapan tes di sini, pertama kita mau ucapin “Congratulatiooonn!!” Kalian adalah orang-orang terpilih, guys. Kalian nantinya bisa merasakan “perhatian” yang diberikan Tokopedia kepada kamu sebagai salah satu pekerjanya. Tokopedia memberikan berbagai fasilitas kepada para pekerjanya. It means Tokopedia itu care banget sama kita.


Contohnya, kalo kalian udah keterima, pasti pada bingung kan hari pertama kerja itu mesti ngapain? Tenaaaaang. Tokopedia akan memberikan suatu “treatment” kepada kalian, yaitu Nacama Academy. Apa tuh Nacama? Nacama sendiri berasal dari bahasa Jepang yang berarti kawan seperjuangan. Bagi para newbie, kalian akan disebut diberi gelar new-nakama. Di sinilah kita diberi pengarahan mulai dari sejarah, DNA, fungsi dari berbagai divisi dan bahkan ada sesi office tournya juga loh. Biasanya kegiatan ini berlangsung selama satu minggu. Tapi gak akan berasa kok seminggu itu karena kita akan dibimbing oleh couch yang professional dalam menyampaikan setiap programnya.


Dalam akademi ini, kita akan dibagi dalam tujuh klan. Daaaaannn jika kalian berada di blog ini, berarti kalian sedang berada di dalam Klan Bear. Horeeeeeyy!!! Klan yang menggemaskan, minta dipeluk, dan peduli terhadap anggotnya.

  1. Takut Betah tinggal di kantor
Persepsi orang secara umum, kalo kerja di kantoran pasti membosankan, kaku, ruang kerja sempit, berantakan, nggak ada playground, cat hitam putih, depan laptop dan meja yang penuh dengan dokumen, kamar mandi kotor, desain interior monoton, Well. It so fuckin different between official office and tokopedia. Sumpah guys beda banget!
Kantor di Tokopedia itu sangat mengasyikan loh. Dari lobby aja udah bagus banget, udah kayak playground nyaman banget gitu, dihiasi dengan rumput sintetis dan gambar-gambar lucu, jadi berasa di taman yang menenangkan bukan kantor yang menegangkan. Frontlinernya juga ramah banget. Pasti deh baru masuk lobby aja udah dilayani dengan baik. Nah setelah lobby, kita akan menemukan ruang meeting, atau ruang diskusi gitu deh. Nah kalo di kantor secara umum, ruang meeting itu catnya hitam putih, papan tulis, meja kursi, that’s it. Nah kalo di Tokopedia, ruang meetingnya ini ada banyak dan punya konsep yang beda-beda. Ruang meeting disini catnya bagus-bagus dan bervariasi, ada quotes-quotes bagus, ada TV LED, intinya suasana ruang meeting atau diskusinya sangat bervariasi yang ngebuat kita betah meeting terus. Sekarang kita masuk ke Auditorium. Wah audit di Tokopedia bener-bener kayak taman yang ngebuat kita tenang dan nyaman, tempat duduknya berbentuk kursi panjang letter “U”, dihiasi rumput-rumput sintetis, kayu-kayu, kursi-kursi berbentuk batu taman, dan bantal tokopedia yang nyaman banget. So, ruang kayak gini bakal ngebuat kalian berasa bukan sedang di kantor yang menegangkan. Dan yang terakhir, ruang kerja. Tokopedia mempunyai ruang kerja yang jauh lebih unik dibanding kantor lainnya.
Ruang kerja Tokopedia dilengkapi laptop, meja panjang, kursi hijau yang nyaman. Biasa aja ya? Nggak dong! Di ruang kerja Tokopedia, ada dapur dimana kita bisa meracik makanan dan minuman sesuka kita, ada juga permainan-permainan seru, seperti pingpong, ps4, xbox, ayunan dan lainnya. So kamu gak mungkin jenuh kalo kerja di tempat kayak gini? What are you waiting for? Join Us!

1 comment :