Oct 24, 2016

Arti Tokopedia bagi Kita - Testimonial


Hi guys... di postingan kali ini kita mau share apa sih arti Tokopedia bagi karyawan-karyawannya, dan juga untuk melihat lebih jauh gimana enaknya kerja di Tokopedia.

Kami tim NakaBear Batch 14 coba tanya-tanya ke beberapa Nakama untuk melihat lebih dalam culture kerja Tokopedia sesungguhnya.
Langsung aja yuk kita denger pendapat mereka, check this video out! Enjoy!


Gimana? Seru banget kan di Tokopedia, selain kerja kita juga ditantang untuk lebih berani menyuarakan ide dan memberi konstribusi nyata buat pekerjaan sehari-hari. Thanks buat kaka-kaka Nakama yang udah sharing dan nyediain waktunya. See you! 

Oct 21, 2016

Ini Mimpiku, Apa Mimpimu?


Setiap manusia hakekatnya pasti memiliki mimpi, impian, tujuan hidup, atau apapun kalian menyebutnya dan menurut penelitian yang dilakukan oleh gw sendiri (seems valid :P) sadar atau tidak sadar, semakin bertambahnya umur, mimpi atau tujuan hidup kita akan semakin realistis.

Pas kita masih TK SD pasti sebagian dari kita pasti punya mimpi pasti unik, absurd, dan sepertinya sulit untuk dicapai. Tetapi benang merahnya mirip, semua orang kepingin menjadi sosok yang keren, berguna dan memiliki dampak yang luas bagi orang lain.

Nah, berikut ini adalah mimpi-mimpi mainstream orang-orang dunia...



Oct 19, 2016

Find Your Purpose with Tokopedia



Ok. Find Your Purpose!

Sebuah kalimat singkat tapi menarik buat kita renungkan setelah membaca artikel ini. Kenapa? Karena kalimat ini jelas sebuah kalimat motivasi.

Hmm.., wait, kamu pasti berpikir, “Memotivasi? Kenapa emang?”. Ya, karena pasti memotivasi dong kan ya…… Hahaha . Well guys, pernyataan diatas ngak akan segampang dan semudah itu untuk menjabarkan bahwa kalimat “Find Your Purpose” ini benar-benar memotivasi dan mungkin lebih menggambarkan pribadi kamu. Jadi, coba deh telaah beberapa penjabaran dalam artikel ini.

Pict. Destiny Life

Kamu pasti punya tujuan dalam hidup. Let’s say mungkin tujuan jangka pendek kamu saat ini. Baik kamu masih seorang pelajar, mahasiswa ataupun seorang karyawan disebuah perusahaan pasti memiliki tujuan dalam hidup ataupun beraktivitas. Kamu pasti setuju bahwa “tujuan” tersebut menjadi pemicu dirimu untuk tetap lebih baik lagi dihari-hari selanjutnya. Kebayang ngak sih kalau ada seseorang yang ngak punya tujuan hidup? Bayangin yah jika setiap pagi kamu tidak punya target untuk dicapai. Hanya berharap mengikuti alur kehidupan yang ada. Wait, “alur kehidupan”? Hahaha, berat banget yah kata-katanya. Anyway, maksudnya kamu pasti ngak mau dong hidup seperti robot setiap hari yang terus dikendalikan dan tidak memiliki kebebasan?

Untuk menguatkan motivasi kamu, Nakama bisa menjadi sebuah contoh dalam case ini. Kenapa Nakama? Eh, anyway, udah tau kan Nakama itu apa? Ya, itu istilah yang diberikan Tokopedia untuk semua orang yang bekerja di Tokopedia. Nakama bisa disebut sebagai refleksi dari sebuah kekeluargaan dan lebih dari seorang partner kerja.
Pict. Nakabear Batch 14
Bagi kami, menjadi seorang Nakama bukan hanya soal memenuhi segala requirement dan log kerja setiap harinya. Pernah ngak berpikir bahwa jika kamu hanya berkutat dengan kerjaan, menghabiskan waktu mungkin hampir ¾ hari di meja kerja ? Come on, guys, hidup itu terlalu singkat untuk hanya melakukan hal seperti itu. Di Tokopedia, Nakama dibebaskan untuk memilih “Find Your Purpose” mereka sendiri. Tokopedia mendorong para Nakama untuk dapat bekerja dan memberikan dampak positif bagi orang-orang disekelilingnya . Berpikir out of the box. Bekerjasama memberikan yang terbaik bagi Indonesia. Membuat Indonesia lebih maju dengan Internet adalah tujuan mendasar dari para Nakama Tokopedia.

Hal ini sangat menarik disaat tujuan kamu itu tidak hanya berdampak baik bagi diri kamu sendiri. Melainkan juga berdampak positif bagi orang banyak. Dengan berbagi kebahagiaan, pasti hidup lebih menyenangkan. Seperti juga para Nakama yang cara bekerjanya beda dengan yang lain. Nakama dibebaskan untuk memiliki cara sendiri dalam menggapai tujuanya. Karena Tokopedia percaya bahwa setiap Nakama memiliki cara pemikiran yang berbeda-beda. Hal ini dapat memberikan warna positif dalam kinerja dan suasana Tokopedia kedepannya. Hal ini tergambar jelas bahwa Nakama tidak ditetapkan untuk mengikuti Jobdesk yang baku dan kaku. Tokopedia memberikan Nakama kebebasan untuk mengeksplor diri bagaimana setiap Nakama dapat berkontribusi membantu Tokopedia untuk membuat Indonesia lebih baik lewat internet. Nakama di Tokopedia dibebaskan untuk mengexplore kemampuannya di bidangnya ataupun mengexplore hal-hal yang bisa membuat Tokopedia lebih maju lagi, make it better for Tokopedia. Di Tokopedia setiap Nakama bisa makin mengembangkan passion yang memang dimilikinya.
Pict. Tokopedia Activity
Tokopedia sendiri tidak pernah menghalangi Nakamanya untuk berkembang, Nakama selalu diberikan ruang untuk berekspresi juga berexplorasi. Salah satunya dengan program hackathon. Dulu ada juga program intrapreneurship, dimana Nakama memberikan ide-ide dan ide tersebut yang disetujui manajemen kemudian harus dijalankan misalnya ada English Day every Thursday, ada juga Impact Day, ada juga Don't Share Campaign dan sebagainya.

Well, kamu juga harus berpikir cepat. Saatnya keluar dari comfort zone kamu. Tentukan tujuan mu. Jadikan tujuanmu titik yang kamu letakkan tidak jauh dari keningmu. Agar tujuanmu tersebut dapat setiap kali kamu lihat dan sadari. Berikan dampak positif bagi orang-orang disekitarmu. Karena dengan memberi sedikit saja kebahagiaanmu bagi orang lain, maka secara tidak langsung kamu telah mengubah hidup mereka lebih baik lagi.

So, tunggu apa lagi?? Find Your Purpose and spread the happiness!

Oct 13, 2016

Nakama Cuma Ada di Tokopedia


Pada tanggal 3 Oktober 2016 merupakan hari pertama kerja di Tokopedia, senang sekali rasanya bisa bergabung di Tokopedia. Deg-degan? Iya banget HAHAHA!!!, tapi rasa nervous ini gak boleh ngalahin rasa senang yang kami alami. Agenda kedatangan di hari pertama ini adalah mengikuti rangkaian kegiatan di Nakama Academy atau sering kita sebut sebagai NA. Nakama Academy seru banget lho, program khusus ini wajib banget hukumnya diikuitin sama siapapun yang akan menjadi karyawan Tokopedia. Biar kita-kita anak baru ini paham luar dalam sama budaya kerja di Tokopedia. Penasaran kan?

Nah, setiap karyawan baru yang masuk ke Tokopedia itu harus mengikuti kegiatan Nakama Academy ini selama seminggu. Nakama academy sendiri diadakan setiap bulannya, kegiatan rutin ini disiapin matang-matang oleh tim HR dan seluruh departement yang terlibat lho, jadi pastinya keren punya! Gak percaya? Simak deh lanjutan cerita kita.

Hari pertama… ENG ING ENG... kami dijadwalkan berkumpul jam 9 pagi. Sambil nunggu dan chitchat sana sini di lantai 2, satu persatu newkama pun bermunculan dan saling berkenalan. Newkama adalah sebutan untuk karyawan baru yang masih menjalani masa probation (percobaan kerja) selama 3 bulan, jika newkama ini dinyatakan lulus selama masa probation maka akan diangkat menjadi nakama (sebutan untuk karyawan tetap di tokopedia). Mirip ujian Naruto pas mau jadi Hokage yah? LOL!

Setelah semua newkama datang, selanjutnya kita dikumpulkan dalam satu ruangan auditorium di lantai 2 wisma 77 tower 2. Ruangan auditorium dengan nuansa hijau yang cozy ini berukuran cukup besar dan dapat menampung sekitar 100 orang.
Pict. Auditorium Lt. 2
Acara pertamanya adalah pengenalan, kenalan sama senior-senior. Siapa tau ada yang cakep :D, udah gitu kami diajak main games Human bingo, tujuannya mulia banget sih biar kita bisa saling mengenal newkama lainnya. Newkama pada batch 14 ini jumlahnya terbanyak sepanjang sejarah Tokopedia, so far. Kita itu ada 59 orang. Rame dan seru pokoknya. Setelah seru-seruan kenalan dan bermain game, para newkama juga diajak untuk membentuk kelompok clan-clannya masing-masing secara random mengikuti pola barisan. Setelah membentuk kelompok, selanjutnya adalah pemilihan clan. Tujuan utama dari pemilihan clan ini adalah agar kita bisa bergabung dengan komunitas clan-clan yang ada di Tokopedia ini, selain itu juga bisa sebagai status kelompok dan pemilihan mentor. Kami sendiri bergabung di clan Bear yang pemberani.

Masih di hari pertama, setelah pemilihan clan dilakukan, acara pengenalan Tokopedia pun dimulai dari presentasi tentang SEO dan Blog yang berlangsung sekitar 1 jam, dan langsung muncul tugas baru untuk setiap clan. Presentasi dilanjutkan dari berbagai function yang ada di Tokopedia.

Tujuan utama presentasi-presentasi ini adalah mengenalkan visi misi, budaya kerja, dan DNA dari Tokopedia itu sendiri. Sedangkan tujuan sekundernya adalah untuk menambah pengetahuan para newkama tentang kegiatan-kegiatan apa saja yang dilakukan oleh nakama Tokopedia, perkembangan dan sejarah terbentuknya marketplace Tokopedia di Indonesia, hingga bagaimana cara membuat dan mengelola toko online di Tokopedia.

Setiap harinya, kami break ishoma (istirahat solat dan makan) mulai jam 12 siang sampe jam 1 siang. Kantin karyawan adanya di basement tower 1 dan 2 wisma 77. Di tower 2 sendiri ada 4 lantai berbeda yang dimiliki tokopedia dengan bagiannya masing-masing. Lantai 2 khusus untuk ruang rapat, interview, dan acara-acara seminar. Hampir setiap hari ada puluhan orang yang datang buat interview di lantai ini. Lantai 6 untuk divisi technology tempat kediaman para software engineer dan developer mumpuni Tokopedia. Saat masuk lantai 6 langsung terasa suasana yang tenang, silent yet deadly, kidding lho! Intinya lantai ini suasananya bener-bener hi-tech abis. Trus kita lanjut ke Lantai 7, yang sebelumnya berfungsi sebagai playground, namun ke depannya akan diubah menjadi kantor jadi gak heran juga suasanya sepi. Masuk ke lantai 23 suasana kantor lebih terang dan fun, kenapa? Karena lantai 23 ini adalah kediaman bagi para tim Kreatif, HRD, finance dan segala divisi2 lainnya.

Setiap newkama juga diperkenalkan dengan buddynya masing-masing. Buddy dapat diibaratkan sebagai kakak pembimbing kita selama menjalani masa probation. Para newkama dapat berbagi pengalaman, bertanya pendapat, hingga curhat.

Pengalaman Nakama Academy ini jelas berguna banget buat kami, selain kami jadi lebih pe-de, kita juga dapat satu hal yang sulit ditemukan di kantor lainnya. Yaitu, suasana kekeluargaan yang diberikan oleh nakama senior dan perasaan dihargai setiap saat kita mempunyai ide maupun pendapat. Aku melirik ke arah jam tangan, tepat di angka 6. Waktunya pulang, aku dan teman-teman lainnya di tim BEAR kiini sudah siap untuk memulai hari pertam kerja esok hari. 
 
Pict. Newkama Batch 14