Nov 30, 2016

Asli! Kantor Tokopedia ternyata “kaku” banget! Nih, kalo gak percaya!


Buat kalian yang ingin tahu kayak gimana sih “penampakan” kantor Tokopedia dari lantai per lantainya. Daripada kuota kebuang percuma untuk kepoin orang doang, mending baca artikel ini. Bagi kalian para calon Nakama, tentunya harus tahu dong lantai per lantai dari Tokopedia, gimana mau kenal orang-orangnya kalo tempat kerjanya aja gak tau. Dan buat orang-orang diluar sana yang kepengen tau seperti apa kantor Tokopedia, monggo disimak artikel yang satu ini ya (siapa tau jadi “nyantol” dan pengen kerja di Tokopedia).

Oke, kantor Tokopedia terletak di Wisma 77 kawasan Slipi, Jakarta Barat. Nih, alamat lengkapnya barangkali ada yang mau kirim surat lamaran kerja:
Wisma 77, Jl. Letjen. S. Parman, Slipi, Palmerah, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11410.

Btw, sebenarnya sih kalian ga usah repot-repot kalau mau masukin lamaran kerja di Tokopedia. Cukup klik https://www.tokopedia.com/careers dan disana udah lengkap banget. Daripada ngemeng mulu, yuk kita masuk aja dan acak-acak kantor Tokopedia!

Lantai 2 - Gerbang menuju Tokopedia


IMG_20161109_183925.jpg

Lantai 2 Wisma 77 Tower 2 adalah “Pintu” terdepan dari Tokopedia. Ibarat sebuah rumah, mungkin ini adalah pintu gerbang. Dan gerbang itu biasanya menunjukkan identitas sebuah rumah, kalo gerbangnya kokoh bisa dibilang rumahnya pun pasti terlihat megah, begitupun sebaliknya. Buat semua orang, lantai pertama yang dituju saat pertama kali berkunjung ke Tokopedia ya di lantai ini. Lantai ini ngasih gambaran kaya apa sih suasana dari Tokopedia itu sendiri. Homie, iya. Cozy, iya. Terbuka, iya. Ada gambar The Rock (Dwayne Johnson) lagi! Doi berasa gede banget kalo kita ngeliatnya sambil duduk di bangku yang disediain....


Buat masuk, kita harus punya kartu access yang ditempelin gitu. Kalo gak punya, ya salah sendiri. Gak deng, kalo gak punya biasanya tinggal ketok, nanti dibukain sama kakak-kakak resepsionisnya yang super duper ramah. Pas masuk kita bisa liat di kiri ada vending machine yang bisa buat beli makanan dan minuman. Sama ada laptop juga buat keperluan-keperluan data-data gitu deh. Kalo haus dan gak punya uang, selow.. Tokopedia dengan baiknya nyediain fasilitas dispenser gratis kok. Jadi gak usah kayak orang susah kalo bertamu ya. IMG_20161109_184011.jpg
Selain itu, lantai ini juga rame dengan dekorasi. Saat kita masuk dan belok ke samping kanan untuk duduk, kita bisa lihat foto-foto dari para sellers yang udah sukses berkembang bersama Tokopedia. Bangga dong liat betapa perusahaan ini udah berhasil membantu banyak UKM di Indonesia menjadi UKM-UKM yang sukses.

IMG_20161109_184217.jpgIMG_20161109_184222.jpg

Lanjut ke dalem-dalemnya, ada banyak ruangan kaca yang cukup imut tapi luas (lah, gimana tuh?). Ruangan-ruangan ini cukuplah untuk bisa ngasih privasi buat yang menggunakan. Biasanya sih buat nerima tamu dan juga buat interview sama users bagi applicants yang melamar ke Tokopedia. Selain itu juga ada ruangan-ruangan lain yang berfungsi buat meeting-meeting penting Nakama Tokopedia. Dekorasi juga tetep banyak berupa foto orang-orang yang punya influence besar di dunia beserta quotesnya. Kalo lagi acara biasanya ruangan yang digunakan adalah ruangan auditorium yang tempat duduknya didesain senyaman mungkin, apalagi buat para Newkama yang baru bergabung di Tokopedia pastinya ga akan gugup setelah duduk di auditorium yang santai banget ini. Singkatnya, lantai 2 ini merupakan meeting room, interview room dan resepsionis untuk Tokopedia. Mau liat penampakan lebih jelasnya ga? Monggo…...



IMG_20161109_184021.jpgIMG_20161109_183936 (1).jpgIMG_20161109_184100.jpg

Lantai 6 – 2nd home nya anak anak IT


IMG_20161109_184354.jpg

Oke, langsung aja. Sekarang kita udah berada di lantai 6 wisma 77 tower 2. Keluar lift kamu akan disambut pintu kaca yang dijaga oleh seorang security. Kenapa security? Kenapa bukan seorang resepsionis yang ganteng dan cantik seperti di lantai 2 tadi? Ya, simple, karena ini bukan pintu utama atau front desk dari kantor PT Tokopedia.

Bisa dibilang lantai ini merupakan lantainya para nakama yang “hobi”nya lembur. Yups, Karena seluruh nakama dengan function technology berkumpul semua di lantai ini. Mulai dari software engineer, IT support dan lain sebagainya menjadikan lantai 6 ini sebagai 2nd home bagi mereka. Mereka semualah yang berjasa memastikan tidak ada kendala pada website tokopedia. Mereka juga harus sering-sering memutar otak ketika server down dan segala macam permasalahan dunia IT yang tentunya orang awam langsung pusing ketika mendengarnya hehehe. Selain itu function product juga sebagian bertempat di lantai ini, dan ada juga yang bertempat di lantai 7.

IMG_20161109_184418.jpg

Balik lagi ke ruangan di lantai 6, setelah masuk melewati meja resepsionis, kamu akan melewati lorong yang disekat oleh sebuah dinding bergaris berwarna.... (ya udah jelas hijau dong).

Kamu akan menemukan banyak nakama yang setia menatap monitor komputer dan beberapa papan tulis dengan coret-coretan yang pastinya bahasa IT dan tidak dimengerti orang awam. Pencahayaan di lantai inipun enak banget agak redup gitu jadi terkesan santai dan teduh.


IMG_20161109_184410.jpg

Udara di lantai 6 ini juga terasa lebih hangat dibanding lantai 2. Entah memang dari sananya di set hangat agar para Nakama Technology ini betah bekerja hingga larut malam, atau suhu AC nya baru dikecilin kita juga ga tau sih hehe.
Last but not least, untuk membuat para Nakama betah berlama-lamaan di ruangan, disediakan juga tempat masak dan makan (biasa disebut pantry) yang feels like home banget, ada microwave buat ngangetin makanan, disediain juga snack, indomie dan minuman hangat. Yang kayak gini di tiap lantai ada loh, asik banget kan.


IMG_20161109_184601.jpg

Lantai 7 – PRODUCT


IMG_20161109_184739.jpg

Naik lagi satu lantai, ternyata ada lagi nih kantor Tokopedia buat divisi Product. Tapi kalo baru pertama kali dateng, pasti kalian bakalan disuguhin pertanyaan : “Itu apaan deh? Kok kaya ada loketnya?”.

open
Itu sebenernya adalah mailing room punya Tokopedia, guys. Semua barang yang dikirim ke Tokopedia pasti ditampung kesitu semua. Jadi kalo kalian dikirimin surat, mesen barang online, atau apapun yang berhubungan dengan logistik, kudu ngambil disini. Cetut dulu dengan kartu aksesnya dan kita bakal masuk ke dalam kantor yang suasananya homie banget.

open

Nengok ke kanan dikit, kita bisa liat ada pantry yang mirip kaya bar. Kece ya! Jadi kalo kalian laper semua udah tersedia di pantry ini. Cuma jangan lupa, makanannya berbayar ya! Hehe….

open

Nengok ke kiri, ada pantry juga nih tapi yang didesign kaya ruang makan. Kalo haus, ada dispenser. Kalo bawa makanan dari rumah, bisa diangetin di microwave. Kalo bawa makanan atau minuman dingin, bisa dititipin di kulkas. Asal jangan bawa kenangan di masa lalu aja, aciaaaaww…..

openopen


Kalo buat ruang kerjanya sendiri, hampir gak jauh beda dengan lantai-lantai lainnya. Disini Nakama bekerja dengan keleluasan. Bagi Nakama yang membutuhkan privasi, di lantai ini juga tersedia ruang diskusi yang transparan namun tertutup oleh kaca. Jadi kalo kalian merasa gak aman dan dikejar-kejar paparazzi, masuk aja kesini biar privacy kalian terjaga. Gak deng hehe….

Lantai 18 – PEOPLE & TRANSACTION

Nah, berlanjut ke Lantai 18. Untuk naik ke lantai 18 kita harus pilih lift nya sejak dari lobi wisma 77 tower 2. Karena ada 2 lift gitu, cari yg lift untuk ke lantai 18 yaa. Untuk masuk ke ruangan di lantai 18, tentunya kita membutuhkan kartu askes. Eh kartu akses maksudnya. Kalo belom ada kartu akses kita bisa ketok pintu kaca dengan cukup kuat karena kalo pelan ketoknya bakal gak kedengeran, ini serius. Mungkin saking ramenya aktifitas didalem jadi banyak yg gak ngeh. Tapi, tetep harus hati-hati ya jangan sampe ketok pintu kaca eh malah berujung tindakan perusakan fasilitas kantor hehehe. Di lantai 18 kita akan disuguhkan dengan jajaran-jajaran galon air minum. Gak tau buat apa tapi itu bejibun.

Masuk lebih dalam dan kita bakal nemuin tempat duduk bulat berwarna hijau yang enak banget buat istirahat. Ada juga fasilitas mushola disini, jadi buat para Nakama yang beragama Islam gak perlu jauh-jauh ke bawah buat beribadah. Selain itu disini ada pantry yang nyaman banget, bahkan ada kasurnya juga loh. Di lantai 18 ini bakal jadi cukup familiar buat kalian di awal, karena biasanya Interview HRD dilaksanakan di lantai ini. Lantai 18 ini basecamp-nya anak Transaction dan People Department. Oya, disini juga ada akuarium gitu. Tapi kecil sih, mungkin ukurannya cuma buat 2-3 orang doang hehe maklum, soalnya tempat ini digunakan layaknya ruang inkubasi untuk obrolan obrolan yg sifatnya rahasia gitu. Heheh keren kan!? Lagi, lagi… interior ruang kerja di Tokopedia emang keren semua deh pokoknya, yg pastinya bakal bikin kita betah dan nyaman kerja disini.

Lantai 23 – BUSINESS, MARKETING & FINANCE

Nah, Lantai 23 itu adalah basecamp-nya anak anak businees sih mostly. Ketika masuk lantai 23 kalian akan disuguhkan dgn sofa santai dan lesehan. Biasanya kalo ada rapat-rapat kecil suka diadakan disini. Nah, disini kalian akan menemukan banyak meja dengan pemandangan yg bebas, tanpa sekat tanpa celah. Lahannya anak bisnis dan product nih disini. Oya, disini juga ada pantry, isinya lengkap kok hmm sama seperti di lantai-lantai lainnya gitu deh. Terus ketika dari pintu masuk kita menengok ke arah kanan, kita akan menemukan sebuah monumen layaknya wedding cake yg gede gitu eh tapi jangan salah. Itu bukan buat dimakan loh ya, tapi itu tumpukan sticky notes yg disusun secara sistematis, dan kreatif yg didesain  layaknya wedding cake. Hahaha kreatif-kreatif kan guys? Woyadong, Nakama gitu loh! Kurang lebih sih begitu aja paparan keadaan di lantai 23. EHHHHH…………

Jangan beranjak dulu, ada 1 spot lagi di lantai 23 yg unik. As you know, as you See. You’ll just realize what's on earth aquarium placed here ? Haha. Itu bukan sembarang akuarium loh! Itu sarangnya anak Finance, didalam kalian akan menemukan meja komputer, mesin fotocopy serta lemari penuh dokumen keuangan perusahaan. Jadi, bisa dibilang di dalem ini tempat keramat loh ya. Data keuangan perusahaan berlokasi di akuarium ini. Jadi, jelas gak semua orang punya akses untuk masuk ke dalam. Keamanan ruangan tsb sangat diperhatikan loh. Wihhhhh. Keren kan?!
Hmm.. kayanya segitu aja deh yg bisa dipaparkan soal kondisi lantai 23, nanti kalo udah ada perubahan misalnya ada karaoke room, atau photobox disini. Dikabarin dehhhhh. Hehehe
Lantai 19 TOWER 1 - OPERATIONAL

Jika kalian pikir kalian telah mengetahui seluruh penjuru lantai Tokopedia, berarti kalian salah. Karena di Wisma 77 Tower 1 ada satu lagi sebuah function yaitu Operational atau biasa disebut Ops. Yups, bertempat di lantai 19, function ini merupakan divisi penunjuang kegiatan operasional Tokopedia. Terdiri dari beberapa divisi yakni Customer Care Officer yang didalamnya terdapat Email, Sosial Media serta Resolution Center. Ada juga Call Center Officer serta Back office yang memegang kendali Credit card, Tiket kereta api dan pulsa di Tokopedia. Ohya, di lantai ini para Nakama bekerja dalam sistem shifting. Mengapa? Karena seluruh kegiatan yang ada di lantai ini merupakan salah satu kegiatan vital buat Tokopedia itu sendiri. Namanya aja Customer Care ya pastinya harus setia selama 24 jam untuk membantu para Customer hehe. Jadi bisa dibilang mereka-mereka di lantai inilah yang menjadi garda terdepan buat para Toppers. Ada statement menarik buat para Nakama yang bekerja dengan jam kerja normal, terutama yang sering lembur. Banyak yang mengatakan jika mereka kesepian saat malam hari, bisa main ke lantai 19 Tower 1, karena di lantai ini tidak pernah absen dari kesibukan. Selama 24 jam bisa dipastikan pasti ada saja Nakama yang sedang bekerja.


Kembali lagi ke lantai 19, keluar lift lalu belok ke kanan. Kamu akan masuk ke ruangan dengan disambut tulisan Tokopedia. Setelah masuk ke dalam ruangan yang terdapat 2 sisi, kanan dan kiri. Jika kamu belok kiri, kamu akan menemukan pantry yang menyediakan minuman dan snack untuk para Nakama yang bekerja. Disini terdapat lagi pintu yang menghubungkan dengan ruang kerja Customer Care Officer untuk posisi Sosmed, Email, Call Center dan Quality Assurance. Berbeda dengan ruangan di sisi seberang yang diisi oleh Resolution Center, Email dan Tim Back office.