Jan 8, 2017

Seminggu pertama di Tokopedia: Nakama Academy


Seminggu pertama di Tokopedia: Nakama Academy

Dengan berkembangnya business online marketplace dan e-Commerce di Indonesia, banyak pemuda Indonesia yang menaruh minat untuk bekerja di dunia e-Commerce. Dengan meningkatnya kompetisi untuk bekerja di perusahaan e-Commerce terbaik di Indonesia, kami, Naka Bear Batch 17, yakin bahwa banyak young adults yang tertarik dengan working culture di e-Commerce Indonesia. Di kesempatan kali ini, kita akan membagi pengalaman kami tentang bekerja di Tokopedia. Mayoritas dari team Naka Bear telah bekerja di Tokopedia selama 1 minggu. Karena kita belum bekerja terlalu lama di Tokopedia, kita akan membahas soal Nakama Academy!

Apa sih Nakama Academy?
Dari pengalaman kita selama seminggu mengikuti Nakama Academy,kami menyimpulkan bahwa Nakama Academy adalah training program yang di rancang oleh Tokopedia supaya pekerja-pekerja baru (disebut dengan Newkama) di Tokopedia bisa mengenal fungsi dan workflow dari setiap divisi, working culture, dan semua Nakama yang telah bekerja di Tokopedia. Program Nakama Academy berlangsung selama seminggu. Di Nakama Academy, kita juga harus bekerja sama dengan Nakama - Nakama dari segala divisi. 

Nakama Academy Batch 17


Apa saja aktivitas di Nakama Academy?
Selama satu minggu, kita diberikan beberapa projek. Nakama Academy Batch 17 dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari Nakama-Nakam yang bekerja di berbagai divisi. Kami diberikan projek-projek dari beberapa divisi. Misalnya, banyak dari kita merupakan divisi produk dan teknologi. Tetapi kita ditugaskan projek dari bidang bisnis. Dari pengalaman ini, kami mempelajari banyak tentang fungsi dari divisi bisnis di Tokopedia.

Apa pengalaman menarik di Nakama Academy?
Di hari pertama kita, kita diajak untuk tour office dan dari tour ini, kita benar-benar bisa merasakkan fun working culture di Tokopedia! Kita juga merasa di welcome oleh Nakama-Nakama Tokopedia.


Secara keseluruhan, apa yang Clan Bear batch 17 bisa simpulkan dari prorgram Nakama Academy?
So far, Nakama Academy merupakan program yang fun dan educational. Kita yakin bahwa Nakama akan membantu kita dalam proses adaptasi saat kita sudah bekerja di divisi masing-masi di Tokopedia. Dengan banyaknya projek yang challenging, kita juga diajarkan untuk menyelesaikan project dengan tepat dan dalam waktu yang cepat!

Selain itu, kita juga yakin bahwa program Nakama Academy di-design supaya Newkama - Newkama bisa membangun hubungan yang baik. Ini adalah hal yang baik karena setelah program Nakama Academy, kita semua akan bekerja dan memerlukkan dukungan satu dengan yang lainnya. 

Mau tau lebih lanjut tentang Tokopedia dan Nakama?
Tonton video ini: