Feb 9, 2017

Tokopedia penipu ?



Banyak orang bilang kalau belanja di Tokopedia rawan penipuan. Bahkan banyak orang membagikan pengalaman berbelanjanya lewat blog, forum diskusi maupun surat pembaca. Gue juga gak mau kalah sama orang-orang buat nge-share pengalaman gue tentang Tokopedia.

Nih gue kasih tau, artikel yang pernah kalian baca tentang penipuan di Tokopedia adalah pendapat orang-orang yang bisa dibilang sifatnya subjektif dan gak semuanya bener. Kalian juga gak tau kan mereka siapa dan gimana riwayat pembelian barangnya di Tokopedia. Bisa aja mereka cuma nggak tau rules membeli barang yang baik atau mereka terlalu insecure dalam melakukan belanja online sehingga mereka langsung mengklaim bahwa Tokopedia itu penipu.


Yang pasti dan perlu kalian ketahui adalah Tokopedia sudah menyediakan fitur anti penipuan! Yang pertama, Tokopedia punya fitur yang namanya escrow atau rekening bersama. Jadi ketika pembeli membeli barang dan telah melakukan pembayaran, dana pembeli tidak langsung menuju ke dompet penjual tetapi ke rekening Tokopedia terlebih dahulu. Tujuannya adalah jika pembeli menerima barang yang rusak, tidak sesuai, jumlahnya kurang ataupun tidak sama sekali menerima barangnya, Tokopedia akan tegas mengembalikan dana pembeli sesuai dengan kendala yang dihadapinya. Gak jadi ketipu deeh ;)

Yang kedua, Tokopedia juga menyediakan fitur yang namanya Pusat Resolusi. Fitur tersebut hampir sama seperti sebuah grup atau multiple chat yang berisi penjual, pembeli dan agent Tokopedia. Nantinya jika pembeli menghadapi suatu kendala, pembeli dapat menyampaikan kendala tersebut dan bisa menyertakan bukti foto serta video juga loh ! Jadi kendala yang dihadapi jelas dan ada buktinya validnya sehingga jika terdapat indikasi penipuan, agent kami akan menindak tegas dan memberikan solusi yang sesuai dengan permasalahan dan berdasarkan bukti yang valid. Gak jadi ketipu lagi deeh ;).


Yang terakhir, Tokopedia menyediakan fitur ulasan produk, reputasi toko dan diskusi produk untuk memfasilitasi pembeli buat nanya-nanya produk se-detail mungkin dan melihat toko mana yang terpercaya. Pembeli seakan akan sedang berbelanja di sebuah mall, bisa melihat tokonya, memilih-milih barangnya serta melihat kualitas barangnya tanpa harus takut kena tipu. Kalaupun terbukti tidak sesuai, toh dananya akan kami kembalikan kepada pembeli sesuai dengan kendala yang dihadapi. Yah, gak jadi ketipu lagi deh hehehe. Promo di Tokopedia juga lebih buanyak dari sebuah toko asli dan pembeli tidak hanya bisa membeli barang, tetapi pembeli juga bisa membeli pulsa, tiket kereta api, paket data, voucher games, semuanyaaaa ada disini.

So, yang belum pernah nyobain belanja di Tokopedia, sudah cek Tokopedia belum ? ;)

-Angga Bear-

0 komentar :

Post a Comment